Surga Kecil untuk Hewan Terlantar


[Sumber: alexas-fotos/pexels]

Sahabat Jatim News terutama yang berdomisili di Jakarta pasti nggak asing lagi sama shelter hewan yang satu ini. Tepat sekali, Pejaten Shelter, “surga” yang menerima anjing liar yang terbuang dan tak bertuan ataupun memiliki tempat tinggal. Shelter ini sudah berdiri sejak bulan Agustus tahun 2009, sosok mulia pendiri Shelter ini bernama dr. Susana Somali, Sp. Pk.

 

Shelter yang berlokasi di Jakarta ini pada awalnya merupakan tempat yang hanya digunakan untuk menampung hewan terlantar maupun buangan secara sementara saja. Akan tetapi, orang-orang yang tahu aksi kegiatan sosial yang diadakan dr. Susana dan para pegawainya ini, banyak orang yang akhirnya memberikan hewan peliharaannya yang sudah mereka tidak inginkan lagi agar ditampung di Pejaten Shelter.

 

Rasa empati terhadap hewan-hewan terlantar yang terluka ini membuat dr. Susana menjadikan perbuatan mulia ini sebagai sebuah gerakan penyelamatan hewan. “Kesejahteraan hewan di Indonesia ini perlu diperhatikan, soalnya suatu negara bisa dikatakan sudah maju dan beradab itu dilihat dari mana mereka bisa memperlakukan makhluk hidup lain khususnya hewan” ucap Rama, MarComm dari Pejaten shelter.

 

Perawatan yang dilakukan dr. Susana dan para pegawainya setiap harinya mulai dari memandikan, memberi makan hingga memberi perawatan kesehatan bagi anjing dengan tujuan agar anjing-anjing yang ditelantarkan selalu sehat. Meski demikian, menjaga kesehatan semua hewan di penampungan ini merupakan sebuah challenge karena jumlahnya yang mencapai 1000 hewan terlantar.

 

Asal Sahabat Jatim News tahu, tidak hanya anjing saja yang ditampung di Pejaten Shelter, ternyata mereka juga menampung berbagai macam hewan seperti musang, kucing, monyet, berang-berang, kambing, dan masih banyak lagi.

 

Masalah ekonomi dan rasa bosan kerap menjadi faktor bagi para pemelihara hewan membuang hewan peliharaannya. Tidak hanya itu Sahabat Jatim News, komplain dari tetangga pun juga bisa jadi permasalahan bagi sang pemilik.

 

“Kebanyakan anjing dikomplain karena berisik suka menggonggong, kalau kucing kan suka pipis sembarangan makanya dibuang,” kata Rama.

 

Meskipun demikian, Pejaten siap menampung hewan-hewan tersebut untuk diberikan pertolongan dan pemeliharaan yang layak. Dalam mengurus hewan-hewan yang jumlahnya tidak sedikit, Pejaten juga membuka donasi melalui bank dan paypal yang tertera di akun Instagram @pejatenshelter bagi Sahabat Jatim News maupun pet lovers yang ingin berbagi sedikit rezekinya untuk hewan terlantar.

 

Rasa lega timbul ketika mereka berhasil menyelamatkan hewan yang susah mendapatkan kasih sayang dari manusia. Mereka berharap suatu saat nanti jika ada yang ingin mengadopsi hewan-hewan di Pejaten Shelter, mereka bisa memberikan kehidupan baru bagi hewan-hewan tersebut #adoptdontshop.

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.