Rahasia Punya Sperma Yang Baik


[Foto : Via LoveFreund on Pexels]

Halo sahabat Jatim News, jika kamu dan pasangan sedang berencana untuk memiliki keturunan, ada banyak cara meningkatkan kualitas sperma yang bisa dilakukan. Sperma yang sehat tidak hanya menunjukkan kesehatan organ reproduksi pria, tetapi juga dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan. Berikut 4 cara agar memiliki kualitas sperma yang baik :

pexels-trang-doan-1092730.jpg
Foto : Illustrasi makanan sehat (via Pexels)

 

1. Menjaga Asupan Nutrisi

Salah satu cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan menjaga asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur yang berbeda setiap harinya.

Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kentang, beras merah, dan sereal juga dapat menyehatkan sperma anda. Selain karbohidrat kompleks, makanan-makanan tersebut juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein dan omega-3 seperti ikan, telur, dan daging tanpa lemak, juga mampu meningkatkan kualitas sperma. Protein adalah bahan baku untuk pembentukan seluruh sel dan jaringan tubuh, termasuk sperma. Sementara itu, omega-3 berfungsi untuk menambah jumlah sperma.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, anda juga disarankan mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh atau kolesterol karena dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan obesitas. Kedua kondisi tersebut dapat mengurangi kualitas sperma.

 

pexels-malidate-van-769289.jpg
Foto : Illustrasi Daging sebagai sumber Nutrisi (Via Pexels)

2. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan atau suplemen  juga berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah zinc dan vitamin D.

Zinc dan vitamin D mampu meningkatkan jumlah dan memperbaiki pergerakan sperma. Ada beberapa macam makanan yang mengandung zinc, antara lain daging, kerang, produk olahan susu, roti, dan sereal. Sedangkan, vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, ikan, daging merah, hati, dan kuning telur.

Kandungan selenium yang terdapat di kacang, ikan, daging, dan telur juga dapat memperbaiki pergerakan, bentuk, dan struktur sperma. Selain itu, asam folat, koenzim Q10, dan antioksidan juga dinilai dapat meningkatkan kualitas sperma.

 

pexels-nataliya-vaitkevich-7615571.jpg
Foto : Illustrasi Suplemen (Via Pexels)

 

 

3. Mengonsumsi Suplemen penambah Kualitas Sperma

Suplemen D-aspartic acid (D-AA) merupakan jenis asam amino yang dapat meningkatkan kadar testosteron, yaitu hormon seks pria yang berperan penting dalam produksi sperma.

Selain itu, suplemen herbal tertentu, seperti fenugreek atau kelabat (Trigonella foenum-graecum), rujak polo (Tribulus terrestris), akar maca, dan ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Namun, efektivitas dan keamanan suplemen herbal sebagai penambah kualitas sperma masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

pexels-pixabay-235922.jpg
Foto : Illustrasi Pria Berolahraga (Via Pexels)

 

4. Menjalani Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi cara meningkatkan kualitas sperma. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut:

  • Olahraga secara rutin dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kualitas air mani.

  • Jaga berat badan tetap ideal, karena dapat meningkatkan kesuburan pria, jumlah air mani, serta pergerakan sperma.

  • Berhenti merokok, batasi konsumsi alkohol, dan tidak menggunakan narkoba.

  • Hindari stres, karena stress berlebihan dapat mengganggu kualitas sperma.

  • Terapkan perilaku seks aman dan tidak berganti-ganti pasangan untuk mencegah penyakit seksual menular.

  • Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat, terlalu sering mandi air panas atau sauna, dan meletakkan laptop terlalu lama di paha karena dapat meningkatkan suhu di sekitar testis sehingga mengakibatkan produksi sperma melambat.

 

CC: Vincent Goenarso

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.