Profesi Fotografer - Digemari banyak Anak Muda Jaman Now


[Sumber : Photo by Matt Hardy on Pexels]

 

        Halo Sahabat Jatim News semuanya! Kali ini kita akan membahas seputar konten fotografi. Konten ini berisi tentang tips-tips untuk mengambil foto-foto yang bagus dan menarik serta mengajarkan bagaimana caranya menjadi fotografi professional yang bisa mengambil gambar dengan apik. Jadi,  fotografer adalah orang yang mengambil  gambar untuk berbagai keperluan penting dengan berbagai teknik agar bisa mendapakan hasil foto yang bagus sekaligus bisa membuat foto yang bisa bercerita akan potret yang sudah dihasilkan. Umumnya, profesi fotografer ini adalah profesi untuk para jurnalis yang harus mengambil foto kejadian sebagai bahan berita penting karena jika berita yang terpampang tidak mempunyai foto bagaimana cara jurnalis bisa menceritakan berita yang akan di terbitkan?  Maka dari itu fotografer sangat berperan penting untuk berbagai keperluan namun sekarang fotografer tidak hanya untuk jurnalistik saja loh, sekarang fotografer bisa digunakan untuk berbagai hal seperti foto model, foto konten, foto produk untuk iklan dan berbagai keperluan lain.

 

        Profesi Fotografer sendiri juga diminati oleh anak muda sebagai bisnis yang menjanjikan karena fotografer sangat dibutuhkan dalam berbagai hal yang mendukung kemajuan acara kedepannya dan jika fotografer tidak diundang ke acara-acara, para fotografer bisa membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka melalui konten di media sosial untuk orang-orang yang tertarik dengan fotografi. Biasanya fotografer itu harus punya pendidikan yang memadai yakni saat kuliah, karena perusahaan yang membuat lowongan kerja untuk fotografi sendiri tidak hanya melihat kemampuan fotografi saja tetapi juga melihat latar belakang pendidikan para fotografer. Meskipun banyak anak muda yang bukan merupakan lulusan dari sekolah fotografi, banyak sekali anak muda yang menyukai sekaligus ingin menjadi fotogafi karena suka dengan foto-foto yang bagus dan mengesankan.    

 

Nah Sahabat Jatim News, bagi kalian yang ingin memulai profesi fotografi,  simak tips-tips berikut ya!

  • Ambil gambar dari jarak dekat

  • Rutin latihan memotret

  • Amati pencahayaan

  • Jangan takut pakai flash di siang hari

  • Baca buku fotografi

  • Sabar saat memotret

  • Framing

  • Melakukan eksperimen memotret

 

Kemudian, ada tips lagi nih bagi kalian yang ingin agar foto kalian bisa terlihat seperti foto professional!

1. Pencahayaan yang menarik

Pencahayaan sangatlah penting bagi para fotografer agar terlihat lebih menarik, biasanya untuk mendapatkan cahaya yang bagus lakukan saat matahari terbit dan saat matahari tenggelam.

 

2. Mengedit foto

Umumnya fotografer mengambil gambar yang bagus tetapi masih perlu untuk diedit sesuai dengan kebutuhan atau permintaan klien, yang harus diedit dari foto adalah warna, kontran dan pencahayaan.

 

3. Temukan objek yang menarik untuk di foto

Para fotografer akan memotret sesuatu yang menarik menurut mereka namun melupakan semua hal penting yang berkaitan dengan fotografi sehingga hasil yang di foto menjadi jelek.

 

4. Perspektif unik

Biasanya para fotografer akan mengambil foto dengan posisi dan sudut yang unik sehingga foto terlihat menarik.

 

5. Komposisi yang menarik

Para fotografer harus mencari posisi yang baik untuk dapat memotret gambar agar hasilnya baik

 

6. Kedalaman ruang yang tepat

Fotografer juga harus memperhatikan ketajaman gambar dan biasanya para fotografer memanfaatkan lensa untuk menangkap ketajaman gambar. 

 

7. Pilih exposure yang tepat

Fotografer harus memperhatikan gelap terang foto yang mempengaruhi kejelasan objek foto, tetapi sebagai fotografer objek lebih penting daripada latar belakang.

Sahabat Jatim News, itu tadi penjelasan seputar fotografer  dan berbagai tips-tips yang bisa digunakan untuk kalian yang ingin menjadi fotografer. Sampai jumpa!

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.