Peran Rambu sebagai Pencegah Laka Lalu Lintas


[Mahasiswa UMG bersama Guru UPT SDN 128 Gresik]

Pada dasarnya semua masyarakat sadar akan keselamatan adalah hal yang paling utama saat kita berada dalam lalu lintas, namun tidak sedikit dari masyarakat kita yang buta dengan rambu lalu lintas masi banyak sekali pelanggaran pelanggaran yang terjadi dalam aktivitas  sehari-hari di jalan hal ini di dukung kuat dengan adanya beberapa foto & vidio yang di unggah penguna media sosial yang berisi tentang pelanggaran lalu lintas yang di mana sudah jelas terpasang rambu lalu lintas contoh seperti penguna kendaraan bermotor yang melintasi tortoar untuk pejalan kaki, bahkan sempat vidio yang menunjukkan angkutan umum yang melawan arus untuk menghindari kemacetan hal ini tentu menjadi tamparan bagi kita semua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya rambu lalu lintas.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi kembali, mahasiwa KKN Desa Kedungpring yaitu Abrori Romadhoni, Imaduddin Al Baihaqy, dan Vidiah Nur Aini yang merupakan mahasiswa prodi Teknik Industri serta Nur Rohmanul Hakim, mahasiswa prodi Teknik Kontruksi Perkapalan memiliki inisiatif untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya peran rambu-rambu lalu lintas dan membuat rambu di beberapa titik yang dinilai rawan akan pelanggaran dan rawan terjadi laka lalu lintas.

"Salah satu titik yang menurut kami sangat membutuhkan akan peran rambu lalu lintas yaitu UPT SD NEGERI  123 GRESIK yang dimana banyak anak anak yang menyebrang jalan menuju kesekolah. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan kami memasangkan rambu pengingat untuk pengendara bermotor agar menurunkan kecepatan nya", ujar mahasiswa Teknik Industri dan Kontruksi Perkapalan Universitas Muhammadiyah Gresik.

Pengecatan Plang oleh Mahasiswa KKN
Pengecatan Plang oleh Mahasiswa KKN

Setelah pemasangan rambu di beberapa titik tersebut, dilakukan sedikit sosialisasi tentang rambu yang dipasang dan mengenai pentingnya untuk memahami apa itu rambu lalu lintas.

Hal tersebut disambut positif oleh masyarakat terutama mereka para orang tua dari anak-anak yang masih bersekolah di sana. Kepala sekolah dan beberapa guru yang di sana turut memberikan tanggapan yang baik atas program kerja yang direalisasikan oleh tiga mahasiswa ini.

Pemasangan Plang Rambu Lalu Lintas di Lokasi yang Rawan
Pemasangan Plang Rambu Lalu Lintas di Lokasi yang Rawan

Mahasiswa KKN UMG berharap dengan adanya proker pembuatan rambu lalu lintas dan sosialisasi tentang rambu lalu lintas ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi rambu rambu lalu lintas, serta terbentuknya gerakan tertib lalu lintas untuk mengurangi angka laka lalulintas dan kemacetan yang masih menjadi masalah utama di kota gresik.

Pelaksanaan Program Kerja Disambut Baik oleh Masyarakat Sekitar
Pelaksanaan Program Kerja Disambut Baik oleh Masyarakat Sekitar

Artikel ini ditulis oleh Abrori Romadhoni, Imaduddin Al Baihaqy, Vidiah Nur Aini, dan Nur Rohmanul Hakim.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.