Cara Memakai Sunscreen Agar Bekerja dengan Maksimal


pexels-moose-photos-1029896.jpg
Sumber: Moose Photos on Paxels

 

Terkena sinar matahari dapat membuat kulit kita merasa terbakar dan bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Kegiatan rutin yang kita lakukan sehari-hari baik di luar maupun di dalam ruangan tidak terlepas dari paparan sinar matahari. Salah satu cara efektif untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen. Menggunakan sunscreen tidak hanya di anjurkan untuk kegiatan di luar ruangan saja. Meskipun kita bekerja di dalam ruangan ataupun kegiatan sehari-hari hanya di rumah saja, tetap dianjurkan untuk memakai sunscreen. Anjuran memakai sunscreen meski kita berada di dalam ruangan bukan tanpa alasan. Hal ini karena sinar UV bisa saja masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah jendela atau kaca dan dapat memapar kulit kita. Tidak cukup pada itu saja, sinar UV baik UVA atau UVB dapat membawa efek buruk pada kulit kita. Salah satunya dapat menyebabkan penuaan kulit, contohnya seperti mempercepat munculnya keriput ataupun flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lain sebagaianya.

pexels-tima-miroshnichenko-5725575.jpg
Sumber: Tima Miroshnichenko on Pexels

Sunscreen adalah produk perawatan kulit atau skincare yang berbentuk lotion, gel, spray atau stick yang dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang membawa dampak buruk bagi kulit. Sunscreen wajib kita pakai sebelum melaksanakan kegiatan di luar ataupun di dalam ruangan. Dengan menggunakan sunscreen dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada kulit kita. Jika kalian pernah merasakan warna kulit tidak merata atau ada flek hitam tetapi sama sekali tidak ada jerawat. Hal tersebut muncul karena paparan sinar matahari. Dengan menggunakan sunscreen akan membuat kulit terlindungi dan tetap terjaga serta menyeimbangkan warna kulit yang tidak merata. Fungsi lain dari pemakaian sunscreen adalah mencegah kulit terbakar. Jika kita melaksanakan kegiatan di luar ruangan lama-kelamaan kulit wajah akan memerah. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan kulit menjadi terbakar dan belang. Tentu setiap orang tidak menginginkan hal tersebut.

pexels-jill-wellington-459051.jpg
Sumber: Jill Wellington on Pexels

 

Jika kalian sudah menerapkan pemakaian sunscreen di luar atau di dalam ruangan tentu jangan asal memakai saja. Ada cara tersendiri dalam memakai sunscreen agar dapat bekerja secara maksimal untuk melindungi kulit kita. Kesalahan dalam menggunakan sunscreen bisa berdampak pada tidak optimalnya fungsi perlindungan sunscreen pada kulit kita.

  1. Pilih Sunscreen yang Memiliki SPF 30 atau lebih
WhatsApp Image 2022-09-12 at 14.47.01.jpeg
Sumber: Chatelaine on Pinterest

 

Sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa semakin tinggi SPF pada sunscreen akan lebih maksimal dalam melindungi kulit kita. Namun faktanya, sunscreen yang memiliki SPF lebih tinggi dapat melindungi kulit kita dari sinar matahari lebih lama. Berikut selengkapnya:

  • Sunscreen dengan SPF 30 akan melindungi kulit kita selama 300 menit sebelum kulit kita terbakar akibat sinar matahari
  • Sunscreen dengan SPF 50 akan melindungi kulit kita selama 500 menit sebelum kulit terbakar akibat sinar matahari
  • Sunscreen dengan SPF 100 akan melindungi kulit kita selama 1000 menit sebelum kulit kita terbakar akibat sinar matahari

2. Mengaplikasikan ulang sunscreen tiap 2 jam sekali

WhatsApp Image 2022-09-12 at 14.52.26.jpeg
Sumber: FabFitFun on Pinterest

 

Alasan perlunya mengaplikasikan ulang sunscreen yaitu dapat memproteksi UV yang menurun. Meskipun sunscreen yang kita pakai sudah memiliki angka SPF yang tinggi, melakukan pengaplikasian ulang sunscreen tetap dianjurkan. Seiring waktu proteksi sunscreen bisa saja luntur yang disebabkan oleh berbagai kondisi.

3. Gunakan 15-30 menit Sebelum Beraktivitas di luar

WhatsApp Image 2022-09-12 at 14.55.14.jpeg
Sumber: Gunay on Pinterest

 

Gunakanlah sunscreen 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar. Alasannya adalah agar sunscreen dapat menyerap secara maksimal sehingga perlindungannya lebih optimal. 

4. Pakai Sebanyak Dua Ruas Jari

WhatsApp Image 2022-09-12 at 14.59.03.jpeg
Sumber: LoveToGlow on Pinterest

 

Sunscreen harus digunakan minimal sebanyak 2 ruas jari. Jika kurang dari itu proteksi pada kulit kita akan menurun atau kurang optimal. Awal menggunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari mungkin akan terasa terlalu tebal dan tidak nyaman. Kebiasaan baik harus kita jaga, dengan kebiasaan menggunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari kita akan semakin terbiasa. Bahkan kita juga merasa ketagihan karena kita merasa kulit kita terlindungi secara maksimal.

Mulai saat ini kita bisa memupuk suatu kebiasaan yang baik yang dapat membawa dampak baik pula dalam diri kita. Setelah mengetehui dampak-dampak buruk dari tidak menggunakan sunscreen dan juga cara-cara yang baik dalam menggunakan sunscreen, harapan kedepannya para pembaca dapat menerapkannya dengan baik.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.