Artis Korea Bunuh Diri karena Depresi, Simak Tips Berikut Saat Kamu Putus Asa.


Halo sobat jatimnews, siapa nih yang suka merasa overthingking ? terutama saat memasuki umur 20 an. Tidak banyak masih bingung menentukan jalan hidup. Karena banyak pertanyaan atau pernyataan dari orang sekitar tentang kehidupan kita. 

Penilaian orang terhadap diri kita terkadang dapat mempengaruhi mental health kita, buruknya karena tidak kuat dengan omongan orang memilih untuk mengakiri hidup. Bersikap cuek dan bodo amat sangat dianjurkan untuk masa depan yang lebih baik. bodo amat adalah tentang tidak mudah merasa kesal dan sakit hati terhadap apa pun kejadian buruk yang menimpamu. Belajar menyikapi segala hal dengan santai dan jenaka adalah cara terbaik menghindari perasaan emosi dan sedih yang selama ini menghinggap dalam hati mu. 

Dibalik artis terkenal tidak sedikit mendapatkan cemohan dari orang lain, bahkan memilih untuk mengakhiri hidupnya diantaranya :

1. Sulli seorang penyanyi sekaligus aktris asal Korea Selatan, dikabarkan meninggal dunia pada 14 Oktober 2019 di kediamannya di Seoul. Mantan personel Fx ini diduga bunuh diri karena mengalami depresi berat karena pemberitaan serta tekanan di sosial media.

42539-sulli-ex-member-fx-instagramatjelly-jilli.jpg

sumber : Instagram @jelly.jilli

 

2. Goo Hara salah satu artis asal korea selatan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri setelah 1,5 bulan kepergian Sulli, tepatnya pada 24 November 2019 di kediamannya di Seoul. Seperti Sulli, kematian Goo Hara juga lekat dengan isu depresi akibat cyber bullying.

5dde3367d953b.jpg
Sumber : Kompas.com

3. Jeong Da Bin meninggal dunia akibat gantung diri pada 10 Februari 2017 di kamar mandi kediaman kekasihnya. Bintang Rooftop Room Cat ini diduga bunuh diri lantaran mendapatkan banyak tekanan dari kariernya.

JeongDaBin.jpg
Sumber : Wikipedia

4. Jonghyun SHINee dikabarkan mengakhiri hidupnya dengan cara menghirup gas monoksida yang dia bakar sendiri di briketnya dengan meninggalkan surat wasiat.

Jonghyun_at_2016_Korean_Popular_Culture_And_Arts_Awards.jpg
Sumber : Wikipedia 

Berikut beberapa tips yang dapat sobat jatimnews terapkan dalam lingkungan setiap hari :

  1. Fokus pada tujuan hidupmu 
    Fokuslah atas apa yang kalian ingin capai hari ini ataupun dikemudian hari. Tujuan hidupmu lebih penting dibandingkan memikirkan omongan orang lain.

  2. Kita tidak bisa menyenangkan semua orang
    Didalam hidup ini, kalian harus bisa menanamkan prinsip bahwa tidak semua manusia bisa menyukai kita. pasti ada saja manusia yang tidak suka atas apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, kita tidak harus menyenangkan semua orang.

  3. Yakin dan percaya diri
    dengan kalian menjadi pribadi yang yakin dan percaya pada diri sendiri, otomatis kalian akan menjadi pribadi yang lebih bahagia dan tidak memikirkan pendapat orang lain. 

  4. Mengurangi pemikiran atas pendapat orang lain
    Kalian harus bisa mengurangi untuk memikirkan pendapat atau perspektif dari orang lain. karena hal ini dapat menghambat kalian dalam menjalani hidup.

Bersikap bodo amat dapat ditanamkan sejak dini, dengan cara mengajarkan anak-anak dengan memilah ucapan yang baik dan perilaku yang baik. 

pexels-mikhail-nilov-8307594.jpg
Sumber : Mikhail Nov By Pexels

Pendidikan terbaik untuk anak-anak adalah sikap orang tua yang biasa diterima setiap hari di rumah. Anak yang baik lahir dari orang tua yang baik didikannya.

Rasa trauma muncul karena ketakutan yang tercipta sejak kecil yang di dasari karena lingkungan, tidak banyak karena sejak kecil anak-anak mendapatkan perlakuan kasar, saat tumbuh anak-anak merasa tertekan dan tidak berani untuk berinteraksi oleh orang baru karena takut.

Tips untuk bodo amat lainnya dapat kita baca dalam buku "Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat". Situs psychologytoday.com mencoba meringkas hal-hal penting yang bisa diambil dari buku self improvement ini. Tentunya, dari hal-hal ini juga, kamu akan lebih paham tentang konsep "bodo amat" yang dimaksud oleh sang penulis.

Hal ini membuktikan bahwa sikap bodo amat sangat perlu kita terapkan setiap hari demi kebaikan mental health kita. Selain itu dapat kita dengarkan pada channel Audio book di youtube untuk mendengarkan yang lebih mudah. 

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.