5 Hal yang Perlu di Perhatikan saat Mendaki Gunung untuk Pemula


[Photo by S Migaj: https://www.pexels.com/photo/a-person-sitting-on-wooden-planks-across-the-lake-scenery-747964/]

Ketinggian di pegunungan membuat iklim yang lebih dingin daripada di dataran rendah. Iklim yang lebih dingin ini sangat mempengaruhi ekosistem pegunungan, ketinggian gunung yang berbeda-beda menjadi habitat tumbuhan dan hewan yang bermacam macam jenisnya pula. Gunung tempat yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk di kunjungi dan dijadikan tempat rekreasi, seperti mendaki gunung dan melakukan camping.

Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan dan juga menyenangkan. Banyak hal yang perlu kita perhatikan di saat kita akan melakukan hiking atau pendakian, apalagi untuk pemula. Beberapa persiapan harus di perhatikan agar disaat melakukan pendakian tidak akan terasa melelahkan dan pendakian terasa berat, di bawah ini ada 5 contoh hal yang bisa di praktikkan saat akan melakukan pendakian gunung untuk pemula.

8c48f581ea9ff0578667a4756ee85439.jpg
The Flaneurco Via : Pinterest
  1.  Perhatikan Kesehatan Fisik
    Kesehatan fisik merupakan hal yang paling utama ketika ingin melakukan pendakian karena dibutuhkan stamina yang cukup besar. kamu harus paham dengan kondisi kesehatan karena itu jangan sampai memaksakan diri untuk mendaki dengan kondisi badan yang kurang fit. Maka dari itu kita harus menjaga kondisi kesehatan fisik kita sebelum melakukan pendakian gunung.

  2. Paham Lokasi Pendakian
    Kalian harus bisa memahami lokasi dan jalur yang akan di daki, apakah kalian sanggup untuk melakukannya atau tidak. Kemudian lokasi tersebut aman untuk pendakian dan medan yang ditempuh. Sangat penting untuk memahami lokasi pendakian karena kamu bisa lebih mengerti akan kemana selanjutnya dan tidak akan tersesat, meskipun kalian belum pernah kesana tapi jika sudah mempunyai sedikit pandangan tentang lokasi pendakian gunung tersebut maka kita tidak akan bingung dan paham. Informasi lokasi pendakian bisa kita cari di media sosial seperti Youtube dan Instagram untuk memahami lokasi tujuan pendakian.

  3. Membawa Barang Penting Yang Dibutuhkan
    Perlunya membawa barang-barang yang dibutuhkan saat pendakian. Jangan sampai barang yang penting tidak terbawa dan malah membawa barang yang kurang penting yang bisa memakan tempat. hal ini perlu diperhatikan karena sangat penting untuk para pemula untuk menghindari hal yang tidak di inginkan setelah melakukan pendakian, contohnya seperti air minum, logistik, dan lain lain.
    Air minum sangat penting disaat kita melakukan pendakian, lebih baik kita membawa persediaan lebih agar menghindari kehabisan air di saat kita sudah berada di atas gunung. apalagi tidak adanya sumber air di gunung tersebut, itu akan menyulitkan kita dan pasti melakukan pendakian melelahkan dan membuat kehausan juga.
    pexels-tima-miroshnichenko-7010133.jpg
    Tima Miroschenko via : Pexels
  4. Kenakan Pakaian Yang Nyaman
    Jika kalian mengenakan pakaian yang nyaman, otomatis pendakian yang kalian lakukan akan terasa nyaman karena pakaian sangat mempengaruhi intensitas dalam melakukan pendakian. pakaian yang digunakan jangan sampai menyulitkan kita untuk bergerak disaat kita melakukan pendakian, karena hal itu bisa jadi akan memperlambat gerak tubuh dan juga langkah kaki, pilihlah celana training dan jangan menggunakan celana jeans pada saat melakukan pendakian. Tetapi jika disaat kita diam di tempat pada waktu camping untuk beristirahat. lebih baik kita menggunakan baju dan celana yang lebih tebal karena jika tubuh tidak bergerak otomatis badan tidak mengeluarkan keringat agar tidak terserang hipotermia atau kedinginan.

  5. Menggunakan Peralatan Pendakian Yang Sesuai
    Diusahakan untuk menggunakan peralatan pendakian yang memadai agar lebih mudah untuk melakukan pendakian, contoh sepatu gunung, tracking pole, dan jaket hiking warm up. benda benda tersebut akan memudahkan kita melakukan pendakian sampai puncak dan turun kembali.

Demikian hal yang perlu diperhatikan lagi dalam mendaki gunung untuk pemula, semoga bermanfaat bagi pendaki pemula yang ingin melakukan hiking. Good luck!

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.