3 Cara Diet Sehat Secara Alami dengan Mudah


 

pexels-andres-ayrton-6551415.jpg
Sumber : Andres Aytron on Pexels

 

Setiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. Berat badan yang berlebihan terkadang membuat orang menjadi tidak percaya diri. Sehingga banyak sekali yang melakukan diet ekstrim untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Bebagai macam cara instan pun dilakukan dengan cara meminum pil diet ataupun ramuan-ramuan yang viral. Padahal, penggunaan hal tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, iritasi lambung, gangguan pada nafsu makan bahkan kematian pun dapat terjadi. Seiring berkembangnya teknologi di bidang kedokteran, klinik-klinik kecantikan di Indonesia juga menawarkan beberapa treatment untuk mendapatkan tubuh yang ramping dan indah seperti suntik kurus.

Oleh sebab itu, hal yang paling tepat dan aman dilakukan agar berat badan kita turun adalah dengan perlahan mengatur dengan konsisten pola makan seperti mengurangi karbohidrat dan pandai mengkombinasi makanan, karena makanan yang bergizi dan bernutrisi membuat kita terhindar dari berbagai macam resiko penyakit. Menurut World Health Organization (WHO) yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diet sehat sangat membantu seseorang dari resiko malnutrisi dan juga beberapa penyakit menular seperti diabetes, jantung, stroke dan kanker.

Berikut adalah cara diet sehat secara alami dengan mudah yang bisa anda lakukan :

pexels-vladimir-srajber-11998727.jpg
Sumber : Vladimir Slajber on Pexels

 

1. Pola makan teratur

Mengkonsumsi makanan yang bergizi saja tidak cukup jika belum menerapkan pola makan yang teratur. Secara umum, seseorang dianjurkan mengkonsumsi makanan sebanyak tiga kali waktu utama dalam sehari yaitu makan pagi atau sarapan (05.00 - 09.00), makan siang (12.00 - 13.00), makan malam (19.00 - 20.00) dan juga dua kali waktu selingan makan selain jam tersebut. 

Kebiasaan mengabaikan pola makan yang teratur akan membuat kita makan secara berlebihan dan juga lebih cepat lapar. Contohnya seperti saat kita meninggalkan makan pagi atau sarapan, maka kita akan merasa cepat lapar sehingga menginginkan makan banyak di siang harinya karena efeknya membuat tubuh kita kurang bertenaga dalam menjalankan aktivitas. Sebuah studi di Universitas Cambridge dalam Proceedings of the Nutrition Society menunjukkan bahwa perilaku makan yang tidak teratur berkaitan dengan tingginya resiko sindrom metabolik, seperti meningkatkan resiko obesitas, kadar gula darah tidak stabil dan diabetes tipe 2.

Maka dari itu, biasakanlah menerapkan pola makan teratur sesuai dengan waktu utama dalam sehari. Ibarat kendaraan yang membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, tubuh juga membutuhkan makanan yang tepat di waktu yang tepat pula agar dapat bekerja secara optimal.

pexels-karolina-grabowska-4498233.jpg
Sumber : Karolina on Pexels
 

 

2. Banyak mengkonsumsi air mineral

Tidak cukup hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi air mineral dalam melaksanakan diet sehat juga sangatlah penting. Beberapa fungsi air mineral antara lain mengoptimalisasi fungsi tubuh, membuang limbah yang ada di dalam tubuh dan sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jumlah air yang dibutuhkan sesuai dengan berbagai faktor. Pada umumnya, rata-rata orang dewasa memerlukan 2-3 liter air mineral dalam sehari. Salah satu cara untuk mengetahui cukup atau tidaknya air mineral yang ada pada tubuh kita adalah dengan mengecek urin, jika tidak berwarna atau berwarna kuning pucat artinya normal.

pexels-andrea-piacquadio-3765109.jpg
Sumber : Andrea Piacquadio on Pexels

 

3. Waktu tidur yang cukup

Selain dua cara tersebut, tidur yang cukup juga menjadi bagian dalam cara diet dengan sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambah waktu tidur menjadi 8 setengah jam dapat membantu orang dengan kelebihan berat badan untuk mengurangi asupan kalori. Selain itu, kurang tidur juga sudah terbukti bisa menyebabkan beberapa dampak buruk yang menghambat penurunan berat badan. Karena tidur adalah salah satu fungsi esensial agar tubuh dan pikiran bisa beristirahat dengan tenang.

Demikian tiga cara diet sehat dengan mudah secara alami. mingkin memulainya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun jika sudah dilakukan secara teratur maka akan terasa mudah dan akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.